Cara Mengetahui Kata Sandi Fb Yang Sudah Diganti - Sambil Santai Blog

Friday, November 11, 2022

Cara Mengetahui Kata Sandi Fb Yang Sudah Diganti

Cara Mengetahui Kata Sandi Fb Yang Sudah Diganti


Di tahun 2019 hingga saat ini masih banyak ditemukan beberapa kasus pembobolan akun media sosial yang dilakukan oleh oknum peretas yang bisa dibilang sangat merugikan orang lain.

Hacker adalah seseorang yang melakukan tindakan kriminal dengan cara meretas akun media atau bahkan situs resmi orang lain. Dari proses meretas itu mereka mencari keuntungan baik untuk pribadi atau kepentingan politik.

Kasus yang sering dijumpai adalah pembobolan akun Facebook dimana penggunanya kurang memperhatikan keamanan akun pribadinya. Bahkan mereka sering membagikan beberapa privasi dalam bentuk foto atau video yang seharusnya hal itu tidak dilakukan.

Faktor utama pembobolan akun biasanya dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai apa itu sistem keamanan, bagaimana cara mengamankan akun, dan menggunakan media sosial. Jadi celah keamanan yang mereka miliki sangat mudah di deteksi oleh para peretas.

Penyebab facebook di hack orang lain


cara mengamankan akun facebook


Pernahkan kamu berpikir kenapa hacker bisa membobol akun facebook orang lain? dan bagaimana cara mengetahui kata sandinya?’

Ada beberapa penyebab yang harus kamu ketahui mengapa kata sandi kamu mudah diketahui orang lain. Berikut penyebab-penyebabnya.

Kata sandi yang mudah di tebak

Kamu harus pintar membuat kata sandi yang sulit ditebak oleh orang lain, jangan menggunakan seperti tanggal lahir atau nama keluarga bahkan nama pribadi. Buatlah kata sandi yang unik seperti mencantumkan huruf besar, angka, dan simbol.

Phising

Phising merupakan bentuk hacking yang menggunakan cara menyebar link palsu kemudian mengambil kata sandi atau username dari target. Biasanya phising ini berbentuk link yang menyerupai aplikasi aplikasi lainya seperti facebook, instagram, dan group whatsapp. 

Hal yang perlu kalian lakukan adalah hindari link yang meminta akses kata sandi ataupun username akun facebook milikmu. 

Lupa logout akun facebook

Penyebab kali ini terbilang sering dilakukan kita karena lupa melakukan logout, bisa juga karena mengotomatiskan google untuk menyimpan kata sandi facebook milikmu. Hal ini terjadi ketika kamu melakukan login akun dengan perangkat orang lain.

Untuk menghindarinya kamu bisa cek terlebih dahulu apakah akun facebook yang ada di perangkat teman kamu sudah logout atau belum.

Cara mengetahui kata sandi facebook  yang sudah diganti


cara melihat kata sandi facebook


Bagi kamu yang belum tau cara mengetahui kata sandi fb yang sudah diganti, untuk pembahasan dibawah ini mimin akan menjelaskan 3 cara mengetahui kata sandi fb yang sudah diganti tutorialnya.

Berikut tutorial cara mengetahui kata sandi fb yang sudah diganti.

1. Menggunakan google chrome

Cara yang pertama kamu cukup menggunakan google chrome. Cara ini sering digunakan oleh pengguna facebook untuk membantu mengetahui kata sandi facebook yang di ganti orang.

  1. Langkah yang pertama, klik icon titik tiga di pojok kanan atas.
  2. Pilih menu settings.
  3. klik menu Autofill.
  4. Lalu Save Passwords.
  5. Kemudian klik akun facebook yang ingin kamu lihat email dan passwordnya.
  6. Klik icon titik tiga dan Edit Password.

2. Melalui menu lupa password

Di cara yang kedua ini kamu bisa memanfaatkan menu yang disediakan oleh facebook yaitu menu lupa password langkah ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui kata sandi fb yang sudah diganti.

  • Langkah yang pertama login akun facebook terlebih dahulu.
  • Pilihlah menu lupa password.
  • Cantumkan email dan nomor hp kamu yang digunakan untuk membuat akun facebook sebelumnya.
  • Kemudian pilih opsi untuk facebook mengirimkan kode verifikasinya.
  • Klik menu continue.
  • Tunggu hingga kode verifikasi terkirim.
  • Klik continue dan keluar dari akun facebook.

3. Masuk kata sandi lama

Untuk mengetahui kata sandi facebook yang sudah diganti, kamu bisa menggunakan cara yang ketiga ini.  Cara ini sering juga digunakan oleh pengguna facebook untuk mengetahui kata sandi yang diganti.

Kamu hanya perlu memasukan kata sandi lama milikmu pada kolom kata sandi yang disediakan, jika login gagal maka kata sandi milikmu sudah diubah. Cara mengatasinya adalah dengan klik Forgotten Account, Opsi kali ini bisa membantu kamu untuk mengembalikan kata sandi yang sudah diubah.

  • Langkah awal pilih menu opsi Forgotten Account.
  • Kemudian masukan email dan password kamu yang baru.
  • Konfirmasi perubahan tersebut.
  • Setelah itu kamu bisa kembali ke akun facebook.

Nah untuk langkah diatas bisa kamu gunakan sebagai solusi apabila akun facebook kamu terkena hack atau mengalami gagal login akun. Dari langkah langkah sebelumnya kamu bisa gunakan cara mana yang mudah kamu pahami.

Kesimpulan

Dalam menggunakan akun media sosial pandai pandailah menjaga keamanan privasi yang kamu miliki, jangan sampai orang lain memanfaatkan celah keamanan milik kamu. Gunakan beberapa karakter dalam membuat kata sandi atau password hindari penggunaan tanggal lahir, nama, atau bahkan hobi.

Cari tahu atau kenali penyebab penyebab akun facebook dibajak atau di ambil alih orang lain. Dengan mengenal penyebab penyebabnya kamu bisa lebih berhati hati lagi dalam penggunaan akun media sosialmu terutama akun facebook yang kamu miliki.

Semoga penjelasan ini bisa membantu kamu untuk lebih berhati hati lagi dalam menggunakan facebook. Terimakasih,  semoga bermanfaat.


Share with your friends

Featured

[Featured][recentbylabel]