TRIK CEPAT MEMBUAT BAYANGAN (SHADOW) PADA SKETCHUP - Sambil Santai Blog

Saturday, March 11, 2023

TRIK CEPAT MEMBUAT BAYANGAN (SHADOW) PADA SKETCHUP

cara membuat bayangan pada Sketchup


Bagaimana cara membuat bayangan pada SketchUp? 

Untuk membuat bayangan pada Sketchup caranya cukup mudah,kamu bisa memanfaatkan fitur Shadow yang sudah disediakan oleh perangkat lunak SketchUP tersebut.

Nah, membuat Shadow pada SketchUp ini biasanya dilakukan agar gambar yang dihasilkan terlihat realistis atau mempunyai efek tiga dimensi (3D).

Baca Juga : Cara Memunculkan Tiktik Tengah Pada AutoCad

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan bayang pada SketchUp? 

Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat efek bayangan di SketchUp. Kamu bisa menggunakan menu view atau dengan cara klik kanan pada objek dan pilih menu toolbar.

Untuk cara lengkapnya kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini.  

Cara Aktifkan Shadow pada SketchUp

Silahkan siapkan SketchUp terlebih dahulu untuk mempermudahkan kamu dalam memahami langkah-langkah berikut ini. 

  • Buka aplikasi SketchUp 
  • Klik menu View : Pada menu view ini silahkan kamu pilih “Toolbars”, nah menu toolbars ini akan menampilkan berbagai macam toolbar lainnya. 

cara menampilkan bayangan di sketchup

  • Ceklis Shadow : Pada tahap ini, silahkan kamu ceklis atau centang pada bagian “Shadow”, setelah itu kamu bisa klik Close untuk kembali ke halaman projek.

cara memunculkan bayangan pada sketchup

  • Klik Icon kotak : Silahkan kamu pilih icon / logo kotak seperti pada gambar dibawah ini, icon inilah yang akan memberikan efek 3D dimensi pada gambar. 

trik menampilkan bayangan pada sketchup

  • Atur bayangan : Pada tahap ini, kamu bisa mengatur posisi bayangan dan warna bayangan yang tepat. Silahkan atur bayangan sesuai apa yang kamu inginkan.Usahakan bayangan sesuai dengan arah cahaya. 

trik membuat bayangan pada sketchup

  • Selesai. Sekarang kamu berhasil membuat gambar menjadi 3D dengan mengaktifkan fitur Shadow pada SketchUp.

Jika dirasa cara pertama kurang cepat, kamu bisa menggunakan cara yang kedua dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Banned!

Cara cepat Membuat Shadow di SketchUp

Pada tutorial yang kedua ini kamu bisa membuat bayangan lebih cepat pada Sketchup. Berikut cara dan langkah-langkah yang bisa kamu gunakan. 

  • Pertama, silahkan kamu pilih objek gambar yang telah kamu buat. 
  • Setelah itu, silahkan kamu klik kanan pada menu tools di bagian atas. 
  • Jika sudah maka akan muncul beberapa menu. 
  • Pilih menu pilih menu Shadow. 
  • Kemudian ceklis Shadow dan close.
  • Pilih icon kotak pada menu Shadow.
  • Selesai. 

Bagaimana cara untuk menghilangkan bayangan pada SketchUp?

Untuk menghilangkan bayangan pada objek kamu bisa klik kembali icon kotak pada menu shadow sebelumnya. Nah sekarang kamu sudah bisa menampilkan dan menghapus bayangan pada SketchUp dengan cepat. 

Bagaimana cara mengatur bayangan pada SketchUp?

Untuk membuat gambar supaya terlihat lebih real memang terkesan mudah. Namun, jika kamu salah meletakan bayangan dengan arah cahayanya maka bisa dipastikan gambar yang kamu buat akan terlihat kurang real.

Sebagai tambahannya, saya akan berikan cara untuk mengatur bayangan gambar atau objek pada SketchUp. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin membuat bayangan pada gambar di SketchUp.

Tips Cara Mengatur Bayangan yang Baik 

Mengatur bayangan yang baik pada gambar adalah penting untuk memberikan dimensi dan kedalaman pada objek yang difoto. Berikut beberapa tips untuk mengatur bayangan yang baik pada gambar:

  • Pilih sumber cahaya yang tepat

Pastikan bahwa sumber cahaya yang kamu gunakan memancarkan cahaya yang cukup dan tepat. Kamu dapat menggunakan sumber cahaya alami seperti matahari atau lampu atau menggunakan sumber cahaya buatan seperti lampu kilat.

  • Tentukan arah bayangan

Setelah menentukan sumber cahaya, tentukan arah bayangan yang diinginkan. Bayangan yang mengarah ke arah kamera dapat memberikan kesan yang berbeda dengan bayangan yang mengarah ke samping atau ke bawah.

  • Pertimbangkan intensitas bayangan

Intensitas bayangan tergantung pada jarak antara objek dan sumber cahaya. Semakin dekat objek dengan sumber cahaya, semakin kuat bayangan yang dihasilkan.

  • Gunakan teknik layering

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin ingin menambahkan bayangan pada gambar kamu setelah pengambilan gambar. Gunakan teknik layering untuk menambahkan bayangan pada lapisan terpisah dan atur opacitynya untuk mendapatkan hasil yang lebih natural.

  • Cari inspirasi

Selalu cari inspirasi dari arsitektur / desainer yang telah sukses menghasilkan bayangan yang indah pada karyanya. kamu dapat mencari inspirasi di media sosial atau situs web arsitektur / desainer.

Itulah cara membuat bayangan perangkat lunak SketchUP dengan mudah. Silahkan kamu coba dirumah dan semoga projek yang kamu sedang kerjakan segera selesai dan membuahkan hasil yang maksimal.

Selamat mencoba.

Share with your friends

Featured

[Featured][recentbylabel]