Cara Mengatasi Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka, 100% Work! - Sambil Santai Blog

Monday, April 10, 2023

Cara Mengatasi Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka, 100% Work!

cara mengatasi video offline youtube tidak bisa diputar


Video offline Youtube Tidak bisa di putar? Tenang! begini cara mengatasi video online Youtube yang tidak bisa dibuka dan diputar.

Ada beberapa penyebab mengapa video offline di Youtube tidak bisa di putar. Salah satunya adalah Ram penyimpanan Handphone yang kamu miliki telah penuh, sehingga untuk memutar video di Youtube secara offline butuh ruang yang cukup. 

Baca Juga : Cara Ubah Video Tiktok Ke Mp3 Sekaligus Banyak!

Tetapi banyak cara yang bisa kamu lakukan agar video offline Youtube bisa kembali diputar. Silahkan kamu simak pembahasan berikut ini dengan baik dan jangan lupa mencobanya. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar video offline yang sudah kamu download bisa diputar di Hp.

Periksa Koneksi Internet


cara mengatasi video offline youtube tidak bisa dibuka

Pada langkah yang pertama ini kamu perlu mengecek koneksi terlebih dahulu. Pastikan pada saat mengunduh video di youtube koneksi kamu terhubung dengan baik ke internet. 

Koneksi Internet ini menjadi salah satu faktor penyebab yang sering ditemui para pengguna youtube pada saat ingin mendownload video offline Youtube. 

Kerap kali koneksi yang buruk sangat mengganggu proses mendownload bahkan bisa mengganggu juga pada saat menonton video di Youtube secara Online.

Hapus Cache Aplikasi Youtube


video offline youtube tidak bisa diputar

Apakah kamu tipe orang yang tidak pernah menghapus Cache pada aplikasi Youtube? Cache merupakan salah satu faktor penyebab video offline youtube tidak bisa dibuka di Hp. 

Jadi pada saat kamu membuka aplikasi Youtube kemudian menonton video di Youtube proses tersebut akan memakan ruang penyimpanan dan data Internet sesuai dengan berapa lama kamu membuka dan menonton video di Youtube baik secara Offline maupun Online.

Baca Juga : Cara Pus Follower Tiktok Aman 100%

Nah, jika memori hp kamu terbilang kecil silahkan kamu buka aplikasi Youtube dan masuk ke Info aplikasi, kemudian hapus data Cache Youtube agar ruang penyimpanan Hp kamu longgar. 

Cara tersebut bisa membantu kamu dalam mengatasi video Offline Youtube yang gagal diputar.

Periksa Ram Hp

Langkah ketiga ini hampir sama dengan menghapus cache pada aplikasi Youtube. Namun pada cara ini hasilnya akan jauh lebih berbeda dengan cara sebelumnya. 

Silahkan periksa ram hp kamu dengan masuk ke pengaturan dan pilih menu penyimpanan. Pastikan ruang penyimpanan di hp kamu cukup untuk membuka aplikasi Youtube. 

Jika ruang penyimpanan kamu sempit maka ketika kamu membuka aplikasi selain Youtube juga akan merasakan kesulitan atau terhambat. 

Kamu bisa menghapus data aplikasi Youtube agar kamu bisa kembali menonton video di Youtube secara Offline maupun Online. Tetapi ada yang perlu kamu perhatikan agar tidak menyesal nantinya. 

Menghapus data tidak sama dengan menghapus Cache. Menghapus data artinya kamu akan menghapus seluruh data pada aplikasi tersebut dan kamu akan melakukan login ulang pada aplikasi tersebut. 

Tetapi dengan menghapus data hp kamu akan jauh lebih ringan pada saat digunakan karena ruang penyimpanan yang longgar. 

Update Aplikasi Youtube


cara mengatasi video youtube tidak bisa di download

Jika video offline Youtube kamu gagal diputar silahkan kamu cek pembaruan aplikasi Youtube pada pengaturan ataupun kamu bisa mengeceknya di aplikasi Play Store. 

Apabila Youtube kamu belum diperbarui maka video offline yang telah kamu download di Youtube tidak akan bisa dibuka di Android. 

Youtube akan memberikan peringatan mengenai Update / pembaruan aplikasi secara otomatis yang akan muncul pada hp android yang kamu miliki. 

Dengan update kamu juga bisa merasakan fitur-fitur terbaru yang ada di Youtube dan tampilan yang jauh berbeda dengan sebelumnya. 

Reset Handphone

Solusi untuk mengatasi gagal menonton video Offline youtube yaitu dengan mereset hp secara manual melalui pengaturan . 

Cara ini biasa digunakan jika hp yang kamu gunakan bermasalah atau sering terjadi eror. Jika hp kamu eror maka ketika kamu menonton video di Youtube akan gagal, bahkan video Youtube tidak bisa di download.

Hal ini murni karena kesalahan pada Hp yang kamu miliki bukan pada aplikasi Youtubenya, oleh karena itu kamu bisa reset hp terlebih dahulu. Tetapi reset hp ini bisa menyebabkan seluruh data yang ada pada Hp kamu hilang. 

Sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu ke flashdisk ataupun cabut memori hp sebelum melakukan reset Hp. 

Penutup

Sekarang kamu sudah bisa membuka video offline Youtube dan cara di atas juga bisa kamu jadikan solusi untuk mengatasi video Offline Youtube yang tidak bisa di Download.

Selamat mencoba dan semoga membantu. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai. 


Share with your friends

Featured

[Featured][recentbylabel]