5 Cara Retur Barang Di Shopee yang Sudah Diterima - Sambil Santai Blog

Sunday, December 18, 2022

5 Cara Retur Barang Di Shopee yang Sudah Diterima


cara retur barang di Shopee


Halo gaes

Welcome to Sambil Santai Blog. Terimakasih buat kamu yang sudah mampir pada artikel ini.

Kali ini mimin akan membagikan tips dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan khususnya bagi kamu yang tertipu produk saat berbelanja di toko Online.  

Artikel ini mimin buat supaya bisa membantu siapapun yang ingin tahu bagaimana cara melakukan pengembalian barang lewat Aplikasi Shopee dengan baik dan benar.

Untuk itu, pada artikel kali ini sudah mimin cantumkan beberapa langkah dan metode tata cara retur barang yang telah diterima di Aplikasi Shopee.

Selain itu, mimin juga akan bagikan beberapa tips kusus kamu yang gemar berbelanja Online lewat Aplikasi Shopee agar aman dan tidak tertipu oleh toko dan produk palsu.

Simak pembahasan berikut ini.

Shopee merupakan Aplikasi yang menyediakan berbagai macam jenis barang dan kebutuhan manusia yang bisa dipesan via online. Dengan adanya Aplikasi tersebut siapapun bisa melakukan proses jual beli barang secara online. 

Baca Juga : Cara Cek Nomor Kurir Shopee 

Namun, ada yang perlu kamu perhatikan nih sebelum memesan barang pada Aplikasi Shopee. Karena barang yang akan kamu pesan secara Online, kamu tidak akan mengetahui apakah barang tersebut dalam kondisi bagus atau bahkan minus?

Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih toko dan barang yang akan kamu pesan di Shopee. 

Cara Memesan Barang Di Aplikasi Shopee

Cara beli barang di Shopee


Akhir akhir ini banyak pengguna Aplikasi Shopee yang sering merasa tertipu dengan barang yang telah mereka pesan. Kebanyakan dari mereka adalah orang tua yang belum tau cara belanja online lewat Aplikasi Shopee dengan baik dan benar. 

Tidak hanya orang tua saja, banyak juga kok kasus dari kalangan remaja yang merasa tertipu karena barang yang telah mereka pesan rusak atau tidak sesuai dengan gambar dan iklan.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini bisa terjadi karena pengguna tidak memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Perhatikan Toko 

Sebelum kamu melakukan pemesanan barang atau check out, yang perlu kamu perhatikan adalah rating Toko tersebut. Banyak pengguna yang sering terpancing dengan harga murah hingga mereka lupa dengan kualitas toko dan rating toko yang mereka jumpai. Kamu bisa memperhatikan jumlah Bintang pada toko tersebut.

Jika toko yang memiliki kualitas baik dan terpercaya biasanya mereka memiliki 4 hingga 5 bintang sebagai bentuk kepercayaan yang diberikan oleh konsumen / pembeli. Karena bintang itu juga asalnya dari pembeli yang memesan barang di toko tersebut.

Jumlah Barang Yang Terjual

Yang kedua ini perlu juga diperhatikan, banyak toko yang memiliki rating tinggi namun jumlah barang yang terjual sedikit, sedangkan untuk memperoleh rating yang baik mereka perlu memiliki banyak jumlah pengunjung / konsumen yang telah membeli produk di toko tersebut.

Komentar Toko

Untuk tips yang ketiga ini harus kamu perhatikan saat membeli barang di Shopee.

Banyak kasus Toko online yang memiliki jumlah bintang banyak ternyata toko tersebut palsu. Hal itu bisa terjadi karena semakin maraknya penggunaan Bot, mereka menggunakan Bot untuk menambahkan rating di toko tersebut secara instan.

Nah yang perlu kamu perhatikan adalah komentar pada toko tersebut, jika kamu melihat toko tersebut memiliki jumlah bintang yang banyak otomatis komentar yang akan diberikan juga tidak jauh berbeda dengan jumlah barang yang terjual di toko tersebut.

Perhatikan komentar orang lain yang sebelumnya telah memesan produk di toko tersebut. Jika jumlah komentar positif lebih unggul maka toko tersebut pantas mendapatkan rating Tinggi.

Perhatikan Produk

Setelah kamu memperhatikan tips di atas selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas produk, sebelum melakukan pemesanan produk, kamu bisa baca terlebih dahulu deskripsi produk yang tertera. Jika kamu masih bingung dengan deskripsi kamu bisa melihat hasil testimoni pada kolom komentar.

Nah itu merupakan tips sebelum memesan atau membeli barang di Aplikasi Shopee.

Kemudian bagaimana jika barang yang telah kita pesan tidak sesuai dengan foto atau bahkan rusak?

Tenang, untuk mengatasi hal tersebut kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa memulai dengan retur barang. Melakukan pengajuan barang di Shopee bisa menjadi langkah awal kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Bagaimana sih cara retur barang di Aplikasi Shopee yang sudah diterima?

Jika kamu ingin mengajukan pengembalian barang di Shopee, kamu bisa menggunakan fitur yang terdapat di Aplikasi Shopee tersebut. Sebagai informasi, untuk retur barang bisa dilakukan sebelum berakhirnya masa garansi dari toko. Selain itu barang bisa kamu kembalikan sebelum kamu mengirimkan dana ke penjual.

Tata Cara Pengembalian Barang di Shopee

Sebelum kamu melakukan retur barang, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan salah satunya dengan memvideokan barang yang telah sampai. Berikut ini cara yang benar agar pengajuan retur barang kamu di acc pihak Shopee.

1. Video atau Foto Produk

Langkah yang pertama ini kamu hanya perlu foto atau memvideokan barang yang telah diterima, agar laporan pengajuan retur barang di shopee bisa di acc. 

cara retur barang di shopee yang sudah dikirim


2. Buka Aplikasi Shopee

Silahkan buka akun Shopee milikmu kemudian masuk ke menu berikut ini.

cara ajukan retur barang di shopee


3. Pilih Ajukan Pengembalian

Ajukan pengembalian barang di shopee setelah pesanan diterima melalui menu berikut ini.

cara kirim pengembalian barang di shopee


4. Isi Data

Silahkan kamu isi alasan yang sesuai pada kolom yang tersedia, jika perlu kamu upload bukti video atau foto agar bisa lebih dipercaya saat pengajuan pengembalian barang. Nah kamu juga perlu mengisikan keterangan yang sesuai dengan kondisi barang. Kemudian isikan juga alamat email, karena pihak Shopee akan menghubungi kamu melalui Email.

cara mengajukan pengembalian barang di shopee


5. Pilih Solusi

Jika langkah di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya silahkan pilih solusi yang ingin kamu ajukan.

cara pengajuan retur barang di shopee


6. Bukti Pengajuan

Berikut ini adalah bukti berhasil mengajukan pengembalian barang di Shopee. Langkah selanjutnya kamu bisa pilih jasa pengiriman barang yang akan kamu retur.

cara pengembalian barang rusak shopee

7. Pilih Jasa Pengiriman

Tahap terakhir kamu bisa mengirimkan barang tersebut dengan menggunakan jasa pengiriman yang sesuai. Kamu bisa juga menggunakan Jasa pengiriman Shopee Express.

cara retur barang di shopee express


8. Salin Nomor Resi dan Alamat Tujuan

Silahkan gunakan nomor resi yang tertera, kemudian jangan lupa gunakan alamat tujuan pengembalian barang. Pada tahap ini kamu perlu hati hati saat mencantumkan alamat. Silahkan cetak atau tulis secara manual.


tata cara retur barang di shopee


9. Kirimkan Barang

Tahap terakhir kamu bisa mengirimkan barang tersebut dengan menggunakan jasa pengiriman yang sesuai. Kamu bisa juga menggunakan Jasa pengiriman Shopee Express.

cara retur barang di shopee yang sudah selesai

10. Selesai

Berikut ini bukti jika kamu telah berhasil melakukan retur barang di Shopee.

cara retur barang shopee di Andorid


Nah bagaimana mudah bukan? 

Sekarang kamu sudah berhasil mengetahui cara kerja pengembalian barang di Shopee. 

Penutup

Jika ingin mengajukan pengembalian barang lewat Shopee kamu perlu memperhatikan cara retur barang ke shopee terlebih dahulu. Jangan asal melakukan pengembalian, sebab jika cara yang dilakukan salah dan bukti tidak sesuai, maka kamu tidak akan di acc dan gagal.

Oke, cukup sekian dari mimin. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian semua me retur barang rusak di Shopee. 

Terimakasih





Share with your friends

Featured

[Featured][recentbylabel]