3 Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok yang Sudah Menunggu Penjemputan dengan Benar - Sambil Santai Blog

Saturday, May 6, 2023

3 Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok yang Sudah Menunggu Penjemputan dengan Benar

cara membatalkan pesanan di tiktok shop


Bisakah membatalkan pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan? Berikut panduan lengkap beserta penjelasannya, simak ya!


Seperti layaknya marketplace pada umumnya TikTok juga telah menyediakan fitur pembatalan pesanan. Fungsi dari fitur tersebut adalah untuk membantu pengguna agar bisa membatalkan pesanan di TikTok Shop yang telah dipesan baik sudah dibayar maupun belum dibayar.

Adapun alasan pengguna ingin membatalkan pesanan di TikTok yang belum dikirim antara lain, barang yang dipesan kurang cocok, alamat yang dicantumkan salah, bahkan ada juga yang membatalkan pesanan di TikTok Shop karena uang sudah terpakai. 

Baca Juga : Cara Dapat Penghasilan TikTok Tanpa Jualan

Untuk bisa membatalkan pesanan di TikTok Shop juga tidak sembarangan. Kebanyakan orang belum tahu cara cancel pesanan di TikTok Shop dengan baik dan sesuai prosedur. Lantas bagaimana cara membatalkan pesanan di TikTok Shop yang baik dan benar? 

Saya akan menjelaskan cara membatalkan pesanan lewat TikTok sesuai dengan Prosedur. Silahkan kamu simak panduan berikut ini. 

Cara Batalkan Pesanan di TikTok Sesuai Prosedur


cara cancel pesanan di tiktok


Ada berbagai macam tipe pembatalan pesanan di TikTok, jika kamu ingin membatalkan pesanan yang sudah dikirim, sedang transit bahkan pesanan yang menunggu penjemputan kamu bisa menggunakan cara berikut ini: 

  • Buka aplikasi TikTok kamu terlebih dahulu 
  • Selanjutnya masuk ke laman Profil
  • Silahkan kamu klik ikon garis tiga yang ada di sisi kanan 
  • Kemudian kamu klik tombol ‘Orders’ di menu ‘settings and Privacy
  • Setelah itu klik produk yang ingin kamu batalkan di tab ‘All
  • Jika sudah kamu klik ‘Cancel’ di menu ‘Awaiting payment
  • Kemudian silahkan kamu isi alasan pembatalan pesanan di kolom ‘Tell us why you canceled
  • Jika sudah klik ‘Submit
  • Apabila pengajuan pembatalan berhasil, maka akan muncul notifikasi pembatalan pesanan.
Baca Juga : 

Dengan cara di atas kamu bisa membatalkan pesanan di TikTok Shop yang sudah dikemas walaupun belum dibayar sekalipun. Selanjutnya saya akan berikan tips bagaimana cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah terlanjur dibayar.

Cara Batalkan Pesanan TikTok yang Sudah diBayar


cara batalkan pesanan di tiktok yang sudah dibayar


Untuk membatalkan pesanan yang sudah dibayar memang berbeda dengan cara sebelumnya, namun pada intinya teknisinya sama saja. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah uang kembali? 

Kamu tidak perlu cemas, uang bisa dikembalikan sesuai dengan nominal pembelian atau pembayaran sesuai dengan transaksi yang telah kamu lakukan. Di TikTok juga kamu bisa mengecek transaksi orang lain, klik disini untuk langkahnya. 

Berikut langkah untuk membatalkan pesanan di TikTok yang sudah dibayar:

Pertama, kamu bisa menggunakan fitur Chat pada TikTok Shop, jika kamu ingin mengembalikan barang yang telah kamu bayar sebelumnya, sebaiknya kamu hubungi terlebih dahulu penjual melalui Chat pribadi. Sampaikan alasan kenapa kamu ingin membatalkan pesanan tersebut. 

Dan tunggu penjual merespon chat yang kamu kirimkan, cara ini bisa dibilang efektif karena kamu bisa berkomunikasi dengan penjual secara langsung. 

Kedua, kamu bisa menghubungi Customer service. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu benar benar ingin membatalkan pesanan di TikTok Shop dan menginginkan uang yang telah kamu bayar bisa kembali. 

Kamu hanya perlu menghubungi Customer Service dan sertakan alasan yang tepat serta masuk akal. Jika alasan yang kamu sertakan tidak sesuai, besar kemungkinan permintaan kamu tidak diterima. 

Nah sekarang kamu sudah mengetahui cara membatalkan pesanan di TikTok Shop yang sudah dibayar. Untuk menghindari dari kesalahan berbelanja di TikTok Shop kamu bisa simak penjelasan berikut ini.

Tips Belanja Online di TikTok Shop


cara belanja di tiktok shop


Sebelum kamu membeli produk di TikTok Shop ada hal yang perlu kamu perhatikan untuk menghindari dari berbagai macam kesalahan dan penipuan. Berikut ini cara membeli produk di TikTok Shop:

Pertama, baca terlebih dahulu Deskripsi Tokoh dan Produk yang akan kamu beli di TikTok Shop. Cara ini berlaku juga ketika kamu ingin membeli barang di Shopee atau marketplace lainnya. Langkah pertama ini bisa membantu kamu yakin dalam memilih produk dan menghindari pembatalan produk yang kamu pesan di TikTok Shop / marketplace lainnya.

Kedua, lihatlah komentar atau review dari orang orang yang pernah membeli produk tersebut sebelumnya. Jika banyak komentar positif maka kamu telah memilih Toko dan Produk yang tepat. 

Ketiga, belilah barang yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak orang membatalkan pesanan di TikTok karena barang yang dipesan tidak sesuai dengan keinginan. Salah satu contoh kasus yang sering terjadi adalah pesanan yang sudah menunggu penjemputan malah di cancel tanpa membayar sedikitpun. 

Keempat, hubungi penjual produk. Silahkan kamu hubungi penjual produk di TikTok Shop, tanyakan mengenai kualitas produk, stok produk dan lain lain. Jika Toko yang baik maka pelayanannya juga akan baik. 

Nah itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari pembatalan barang yang telah dipesan dan menghindari dari penipuan produk di TikTok Shop.

Kesimpulan

Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop yang sudah menunggu penjemputan bisa dilakukan dengan berbagai macam caranya. Namun untuk membatalkan pesanan kamu perlu memperhatikan prosedur dan langkah yang baik dan benar.

Barang yang sudah dikirim, dikemas dan dibayar bisa kamu kembalikan. Asalkan kamu memiliki alasan yang tepat dan sesuai. Pilihlah cara yang menurutmu paling aman ketika bertransaksi. Jika kamu memilih COD barang menunggu penjemputan makan gunakan cara kamu tersebut. 


Share with your friends

Featured

[Featured][recentbylabel]